Bale Buka Suara Tentang Posisi Idealnya

Madrid's Welsh midfielder Gareth Bale plays the ball during the Audi Cup football match Real Madrid vs Tottenham Hotspur in Munich, southern Germany, on August 4, 2015. The Audi Cup football matches with Bayern Munich of Germany, Real Madrid of Spain, AC Milan of Italy and Tottenham Hotspur of England will take place in Munich on August 4 and August 5, 2015. AFP PHOTO / CHRISTOF STACHE

Pemain asal Wales, Gareth Bale buka suara terkait posisi idealnya saat beraksi di atas lapangan. Pemain termahal dunia itu menilai bermain sebagai second striker atau berada di belakang penyerang merupakan posisi yang bisa mengembangkan permainannya.

Bisa saja komentar itu merupakan sinyal agar pelatih Real Madrid, Rafael Benitez, menempatkannya di posisi tersebut pada kompetisi musim depan. Sejatinya tanpa meminta pun, Benitez bakal menaruh pemain dengan kecepatan tinggi itu pada posisi tersebut.

Terlihat saat Madrid mengalahkan mantan klubnya, Tottenham Hotspur, dengan skor 2-0 dalam laga Audi Cup, Rabu 5 Agustus 2015 dini hari WIB. Saat itu, ia ditempatkan di belakang ujung tombak Los Blancos, Jese Rodriguez.

Tak perlu waktu lama bagi Benitez untuk melihat perubahan penampilan Bale yang sempat diejek fans Madrid sepanjang musim lalu karena tampil tak optimal. Di laga tersebut, ia sanggup mencetak satu gol sekaligus mengantarkan timnya ke babak final turnamen pramusim itu. Peran dan permainan yang ditunjukkan bale saat mengisi posisi tersebut cukup efektif.

Sebelumnya, pelatih Madrid terdahulu, Carlo Ancelotti, lebih sering menempatkannya sebagai winger kanan. Bale terlihat tidak nyaman dengan di posisi tersebut karena fokusnya terpecah di antara harus menyerang dan juga bertahan. Sehingga dia tidak bisa mengembangkan permainan, yang berujung pada kemarahan fans terhadap dirinya yang menganggap dirinya sebagai pemain termahal di dunia.

“Posisi itu adalah posisi terbaik saya. Ketika saya bermain untuk Tottenham saya merasa bisa dan telah mengeluarkan kemampuan terbaik saya. Begitu pun ketika saya bermain membela Wales, saya selalu ditempatkan di posisi itu. Bagi saya, itu adalah posisi terbaik saya,” jelas Bale, seperti mengutip Squawka, Kamis (6/8/2015).

“Dengan bermain di posisi itu, saya bisa bergerak ke kanan maupun ke kiri, saya bisa leluasa melakukan manuver dan itu persis seperti yang saya lakukan saat di Tottenham dan Wales. Sangat senang mendapat dukungan dari pelatih dan Presiden Florentino Perez, saya berjanji akan memberikan mereka sejumlah gol dan trofi,” tutupnya.